5.8.10

(Hampir) Semua Tentang Ekonomi

Memang betul, mata kuliah yang saya ambil di semester 4 hampir semua berhubungan dengan ekonomi. Oleh karena itu, banyak hitungan-hitungan dan rumus-rumus yang dipelajari di semester ini.

Secara keseluruhan, mata kuliah semester ini lebih berat dibanding semester sebelumnya. Namun, sejauh ini, saya berani menobatkan semester 4 sebagai semester ter-cool dalam hidup saya karena banyak pengalaman dan pelajaran yang saya dapat.

Mata kuliah itu adalah :

1. Agama dan Etika Islam
Ini adalah mata kuliah umum yang wajib diambil. Tentunya bagi mahasiswa pemeluk agama ini. Sesuai dengan judulnya, mata kuliah ini berisi materi-materi tentang Agama Islam. Di akhir semester, saya mendapat tugas menghafal ayat Al-Quran dan membuat makalah mengenai keilmuan masing-masing prodi yang dikaitkan dengan Islam.

2. Pancasila dan Kewarganegaraan
Ini juga mata kuliah umum yang wajib diambil. Kuliahnya berkisar tentang kehidupan berbangsa dan bernegara. Disini juga disinggung mengenai etika, moral, dan sebagainya.

3. Pengantar Ekonomika Wilayah dan Kota
Mata kuliah hitungan. Inti dari mata kuliah ini adalah bagaimana memajukan perekonomian wilayah atau kota. Disini akan diajarkan mengenai cara mencari struktur ekonomi basis dan non-basis dengan berbagai rumus. Selain itu faktor-faktor yang memengaruhi perekonomian suatu wilayah dan kota juga dibahas pada mata kuliah ini.

4. Analisis Lokasi dan Pola Keruangan
Kalau mata kuliah yang satu ini bercerita tentang pemilihan lokasi. Baik lokasi industri maupun lokasi fasilitas umum dan fasilitas sosial. Ada beberapa cara untuk memilih lokasi agar dapat menghasilkan keuntungan yang optimal. Teori Von Thunen banyak dibahas disini.

5. Sistem Perumahan
Disini akan dipelajari segala sesuatu tentang perumahan. Mulai dari definisi, standar, cara menghitung kebutuhan akan perumahan, dan lain-lain. Tugas yang diberikan pun memberikan pengalaman yang berharga.


6. Perencanaan Infrastruktur dan Transportasi
Merencanakan infrastruktur dan transportasi tidaklah mudah. Mulai dari analisis kebutuhan, menghitung biaya optimal, hingga bermacam cara pembiayaan untuk membangun dan mengelola infrastruktur dan transportasi.

7. Metode Analisis Perencanaan II
Lanjutan dari mata kuliah Metode Analisis Perencanaan II ini masih membutuhkan program SPSS untuk mendukung pemahaman kita. Selain itu, akan ada program baru, yaitu TORA. Di kuliah ini akan diajarkan mengenai analisis pengambilan keputusan, analisis kualitatif, dsb.

8. Studio Proses Perencanaan
Nah, mata kuliah ini yang paling seru diantara yang lain di semester ini. Selama seminggu, saya dibebaskan dari perkuliahan di dalam kelas. Namun , sebagai gantinya, saya harus melakukan survei ke wilayah yang sudah ditentukan, yaitu Kabupaten Bekasi. Disana saya mencari tahu mengenai karakteristik industri kecil dan menengah.

---
Hari ini adalah H-4 menuju perkuliahan semester 5. Kartu Rencana Studi saya sudah disetujui oleh Dosen Wali. Semoga saya tidak salah memilih mata kuliah. Amiin. A for Everyone! :)

No comments: